Latest Trend

Stone Washing: Sebuah Metode Agar Jeans Terlihat Usang

pumice stone_washing Salah satu hal yang membuat celana jeans menarik adalah adanya efek warna yang khas yang tidak bisa didapatkan dari bahan lain,berikut admin akan share  tentang salah satu dari banyak efek washing yang biasa dipakai pada celana jeans/denim yaitu: stone washing.

Stone washing  adalah proses manufaktur tekstil yang digunakan untuk memberikan kesan usang pada jeans yang baru diproduksi.  Metode stone washing  juga membantu meningkatkan kelembutan dan fleksibilitas kain yang bisanya kaku seperti bahan denim.

Proses pencucian dengan metode stone biasanya menggunakan bebatuan besar untuk membuat bahan jadi lebih kasar. Bahan ditempatkan secara horizontal ke mesin cuci industrial yang didalamnya diisi batu-batu besar. Saat mesin berputar, bahan denim ditumbuk dan dihantam berulang-ulang oleh batu-batu tersebut sehingga menghasilkan efek pudar.

Namun, metode stonewash pada bahan denim dengan batu apung memiliki beberapa kelemahan. Misalnya dapat menyebabkan keausan kain juga menciptakan masalah lingkungan disposisi limbah dari grit yang dihasilkan oleh batu. Biaya tenaga kerja tinggi juga tinggi karena partikel debu yang dihasilkan secara fisik harus dihapus dari kantong pakaian dan mesin secara manual dengan tenaga manusia. Denim juga perlu  dicuci beberapa kali untuk benar-benar menyingkirkan batu.

Pada perkembangannya, efek stone wash bisa lebih mudah diperoleh dengan menggunakan bahan kimia atau jamur Trichoderma. Salah satu metode pengganti stonewash adalah menggunakan enzim atau kombinasi antara enzim dan batu apung. Enzim selulosa berbasis zat kimia asam (acid) adalah jenis yang paling umum digunakan. Enzim ini bekerja sebagai hidrolisis dari selulosa dan zat warna indigo (nila) pada permukaan bahan denim, yaitu dengan membantu melonggarkan zat pewarna pakaian, selain juga berfungsi untuk melembutkan bahan denim. Proses kimia ini disebut “bio-stoning.” Enzim mempercepat abrasi dari serat benang pada yang pakaian yang berat, jika digunakan bersama dengan batu apung (pumicestones).

Hal-hal positif jika memakai enzim adalah : dapat meningkatkan produksi dan mengurangi pemakaian batu apung dalam mesin cuci, sehingga mengurangi dampak keausan mesin, mengurangi abrasi pada pakaian, mengurangi jumlah tenaga kerja secara intensif, dan membantu menciptakan hasil kerja yang lebih konsisten.

Hmmm.. metode stone wash ini ternyata solusi untuk menghasilkan efek seolah kain denim sudah usang atau dipakai dalam jangka waktu yang lama. Efek atau kesan usang yang ditimbulkan inilah yang membuat jeans sangat digemari . Apa kamu juga sangat menyukai jeans yang mempunyai kesan usang, Logo Lovers?